Mengatasi Project Limit 10MB App Inventor

App Inventor adalah aplikasi web yang menyediakan fitur gratis untuk membuat aplikasi android, yang memiliki antarmuka grafis yang mirip dengan Stracth dan juga menggunakan konsep drag and drop dalam pembuatan desain ataupun program. Dibalik kemudahannya dalam membuat aplikasi android, App Inventor memiliki batasan project untuk membuat aplikasi android. Batasan tersebut yaitu ukuran project yang dikerjakan tidak boleh lebih dari 10MB.

Mengatasi Project Limit 10MB App Inventor
Mengatasi Project Limit 10MB App Inventor

Mengapa dalam membuat project di App Inventor ini dibatasi 10MB?

Karena batasan ini adalah batasan arsitektur yang diberlakukan oleh Google, jika file project yang dibuat lebih besar dari 10MB, file tidak bisa dikirim dari Google ke server build di MIT tempat aplikasi dikompilasi. Jadi tidak akan bisa build project kedalam bentuk apk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya akan memaparkan apa saja yang harus dilakukan agar ukuran project aplikasi android pada App Inventor tidak lebih dari 10MB. Sehingga kamu dapat melakukan build pada project yang sedang kamu kerjakan.

Cara mengatasi project limit 10MB App Inventor

sebelum masuk ketahapan dibawah, hal yang perlu kamu lakukan pertama kali yaitu login terlebih dahulu ke App Inventor.

Cek Asset yang digunakan pada project

Banyak sekali pengguna App Inventor yang tidak menyadari bahwa Asset yang digunakan untuk mendukung pembuatan aplikasi ini memiliki pengaruh yang besar terhadap ukuran file project yang sedang dikerjakan.

Jika kamu menggunakan banyak Asset untuk aplikasi yang dibuat, baik berupa gambar, music, audio ataupun video. Kamu wajib melakukan kompres pada setiap Asset yang akan dipakai pada aplikasi, jika kamu tetap ingin menggunakan banyak Asset pada project yang sedang dikerjakan.

Perkecil ukuran gambar, music, audio, ataupun video yang ingin digunakan sebagai Asset pada aplikasi. Hal ini akan memperkecil ukuran file project yang sedang kamu buat.

Apabila semua Asset sudah dikompres namun kamu masih tidak dapat melakukan build aplikasi, berarti Asset yang kamu gunakan terlalu banyak. Kamu bisa mengurangi dan memilih Asset yang penting saja. Jika kamu tidak ingin mengurangi Asset dan merasa bahwa Asset yang kamu gunakan ini penting semuanya, kamu bisa coba ke cara yang ke-2.

Mengurangi jumlah Screen yang digunakan

untuk mengatasi project limit 10MB pada App Inventor yang lainnya yaitu dengan meminimalisir penggunaan Screen pada aplikasi yang dibuat. Jumlah Screen yang banyak juga dapat mempengaruhi ukuran file project yang dibuat.

Apabila kamu menggunakan banyak screen yang dijadikan sebagi halaman yang menampilkan banyak konten, kamu bisa mencoba mengurangi jumlah screen dengan cara membuat satu screen yang dapat menampilkan banyak halaman atau satu screen yang dapat menampilkan banyak data/konten.

Berikut saya akan jelaskan bagaimana mebuat satu screen agar bisa menampilkan banyak halaman dan bisa menampilkan banyak data. Supaya project limit 10mb pada App inventor ini dapat diatasi.

Satu Screen menampilkan banyak halaman

satu screen dapat menampilkan banyak halaman
satu screen dapat menampilkan banyak halaman

Pembuatan screen yang dapat menampilkan banyak halaman ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi project limit 10MB App Inventor. Karena semakin sedikit jumlah screen yang digunakan maka semakin kecil pula ukuran file project yang dibuat.

kamu bisa lihat pada gambar diatas, saya membuat desain pada satu screen yang dapat menampilkan 5 halaman. Tentunya ini tidak mutlak cuma sampai pada 5 halaman saja, kamu masih dapat menambah beberapa halaman lagi sesuai dengan kebutuhan.

komponen yang digunakan dalam membuat banyak halaman disini, saya menggunakan komponen “VerticalArrangement”. Pada setiap komponen VerticalArrangement saya atur lebar dan tingginya dengan “Fill Parent”, ini dibuat dengan tujuan agar halaman yang ditampilkan akan tampil full menyesuaikan dengan ukuran layar pada smartphone.

kode program untuk membuat satu screen menampilkan banyak halaman

untuk menampilkan setiap halamannya saya menggunakan komponen “ListPicker”. Dengan membuat sebuah list yang didalamnya terdapat data dari nama halaman yang akan ditampilkan. Fokus pada program “when list picker after picking” disini akan mengecek listpicker yang telah dipilih kemudian dibandingkan dengan nama halaman, apabila sesuai maka tinggal mengatur komponen VeticalArrangement visible menjadi nilai “true”.

hasil program satu screen menampilkan banyak halaman
hasil program satu screen menampilkan banyak halaman

lihatlah pada hasil program diatas, ketika ingin berpindah ke halaman selanjutnya dapat menekan ListPicker untuk memilih halaman yang ingin dituju. Pada gambar diatas saat halaman sudah berpindah ke Page2, Page2 tetap berada pada satu screen yang membuat screen ini menjadi dinamis.

Catatan : VA Page1 adalah halaman 1, VA Page2 adalah halaman 2, VA Page3 adalah halaman 3, VA Page4 adalah halaman 4 dan VA Page5 adalah halaman 5.

Satu Screen menampilkan banyak data

cara lain untuk mengatasi project limit 10MB pada App Inventor adalah dengan membuat sebuah screen yang dapat menampilkan banyak data. Maksud dari menampilkan banyak data disini jadi pada satu screen datanya dapat berubah-ubah.

satu screen menampilkan banyak data
satu screen menampilkan banyak data

Gambar diatas adalah desain yang saya buat untuk satu screen yang dapat menampilkan banyak data, data akan ditampilkan pada komponen LabelText yang saya namai “Content”. Ketika button Next di klik maka akan tampil data lain yang selanjutnya, kemudian untuk button Prev ketika di klik akan menampilkan data sebelumnya.

kode program satu screen memapilkan banyak data
kode program satu screen memapilkan banyak data

Data yang akan ditampilkan, saya buat dalam bentuk list agar proses pemanggilan datanya lebih mudah ketika button Next dan Prev di klik.

hasil program satu screen menampilkan banyak data
hasil program satu screen menampilkan banyak data

Pada gambar diatas menjelaskan bahwa pada satu screen dapat menampilkan data yang berubah-ubah, dengan cara klik button Next untuk melihat data selanjutnya. Screen yang dibuat ini juga termasuk kedalam halaman dinamis.

Gunakan database online

Apabila kamu memiliki banyak data pada aplikasi, kamu dapat menyimpan data-data baik berupa Asset ataupun konten lainnya ke penyimpan online. Kamu dapat menyewa hosting sebagai tempat penyimpanan Asset dan data-data lainnya, atau kamu bisa juga memanfaatkan database gratis seperti firebase.

Jika kamu memilih opsi ini, berarti aplikasi yang kamu buat harus terhubung dengan internet untuk mendownload Asset serta data-data yang akan ditampilkan pada aplikasi yang kamu buat. Menggunakan opsi ini sangat ampuh untuk mengatasi ukuran file project yang dibatasi hingga 10MB.

Integrasi ke Kodular

Opsi yang terakhir adalah integrasi ke Kodular. Mengapa Kodular?

Kodular adalah aplikasi web yang sama dengan App Inventor yang digunakan untuk membuat aplikasi android secara online dan gratis. Yang membedakan Kodular dengan App Inventor adalah fitur-fitur yang disediakan untuk membuat aplikasi android lebih lengkap dibandingkan dengan App Inventor.

Kodular memiliki project limit up to 20MB, lebih besar dari App Inventor. Jadi jika kamu mempunyai file project yang lebih besar dari 10MB kamu dapat melakukan build aplikasi di Kodular, kamu bisa import project dari file aia yang kamu download dari App Inventor.

Baiklah mungkin segitu saja, jika ada yang ingin ditanyakan kamu dapat menulis komentar dibawah ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *