Membuat aplikasi Quiz pilihan ganda acak dengan App Inventor Kodular

Pada tutorial kali ini akan membahas tentang cara membuat aplikasi Quiz pilihan ganda acak dengan App Inventor Kodular, aplikasi quiz yang dibuat kali ini cukup sederhana dan tidak memerlukan jaringan internet jadi dapat digunakan secara offline, kemudian hasil dari pembuatan aplikasi quiz ini berbasis android.

Membuat aplikasi Quiz pilihan ganda acak dengan App Inventor Kodular
Membuat aplikasi Quiz pilihan ganda acak dengan App Inventor Kodular

Dalam menilai kemampuan pemahaman murid terhadap pelajaran yang disampaikan, terkadang guru akan melakukan metode Quiz untuk mengetahui apakah murid yang diajarkan sudah benar-benar paham atau tidak dengan materi pelajaran yang telah diberikan.

baca juga membuat game dengan App Inventor Kodular

Selain itu metode Quiz juga berguna bagi guru untuk mengetahui apakah metode pengejaran yang dilakukan oleh guru ini mempunyai hasil yang bagus atau tidak, karena tentunya jika ada banyak sekali murid yang belum paham dengan pelajaran yang telah diberikan, guru dapat mengambil keputusan untuk merubah metode pengajaran yang lebih baik lagi.

Cara membuat aplikasi Quiz pilihan ganda acak dengan App Inventor Kodular

Dalam membuat Quiz bagi murid, umumnya akan menggunakan kertas untuk membuat soal dan jawaban. Tentunya ini akan mengeluarkan biaya yang dibebankan kepada guru maupun sekolah karena adanya biaya percetakan ataupun biaya untuk membeli kertas ujian.

Untuk mengatasi ini Quiz dapat dibuat dalam bentuk aplikasi android agar dapat menekan pengeluaran biaya dalam membuat Quiz. Keunggulan menggunakan aplikasi Quiz ini adalah proses implementasinya yang mudah karena hanya perlu smartphone android untuk proses intalasinya dan juga tidak akan membuang-buang kertas ujian yang hanya sekali pakai, aplikasi Quiz ini dapat dipakai berkali-kali.

Aplikasi Quiz ini dibuat dengan menggunakan Kodular. Jika kamu menggunakan App Inventor sama saja karena bahasa pemrograman pada Kodular juga dapat digunakan di App Inventor. Kemudian pada setiap soal pilihan ganda dan jawabannya akan diacak jadi setiap pengguna aplikasi Quiz ini akan mendapat soal yang berbeda-beda.

Pertama login terlebih dahulu ke Kodular atau App Inventor. Setelah itu buat nama projectnya dan kemudian lakukan desain aplikasi terlebih dahulu.

Desain aplikasi

Pada desain kali ini saya membuat 3 Screen, Screen1 untuk Splash Screen, Screen Home untuk tampilan beranda dan pada Screen Kuis terdapat 2 halaman yaitu tampilan halaman kuis dan halaman evaluasi.

Baca juga : Membuat fitur countdown pada aplikasi quiz

berikut dibawah ini adalah desain sederhana yang saya buat.

Desain App Quiz App Inventor dan Kodular
Desain App Quiz

Pada Screen1 di desain untuk menampilkan halaman Splash Screen halaman ini berisi tentang logo aplikasi dan juga nama aplikasi. Selanjutnya pada Screen Home merupakan halaman beranda aplikasi dan pada Screen Kuis akan menampilkan 2 halaman yaitu halaman kuis dan halaman Evaluasi.

Halaman kuis pada Screen Kuis berisi soal-soal pilihan ganda acak beserta jawabannya sedangkan halaman evaluasi merupakan halaman yang berisi nilai dan hasil evaluasi jawaban pilihan ganda acak pada halaman kuis.

Komponen pada Screen1 yang digunakan adalah image, label, dan clock. Komponen image dan label dapat kamu temukan pada menu pallet user interface sebelah kiri dan komponen clock dapat ditemukan pada menu pallet sensors.

Komponen pada Screen Home yang digunakan yaitu button, image, label, dan notifier. Semua komponen tersebut dapat ditemukan pada menu pallet user interface. Untuk komponen yang digunakan pada Screen Kuis sama dengan komponen yang ada di Screen Home.

Pada Screen Kuis untuk membuat 1 Screen menjadi 2 halaman, kamu dapat membuatnya dengan komponen vertical arrangement. Pada saat proses desain ini kamu juga dapat langsung mengupload asset berupa gambar atau lainnya ke Kodular untuk ditampilkan ke dalam aplikasi.

Untuk tampilan desainnya kamu dapat menyesuaikan dan membuatnya lebih bagus dari ini karena desain yang saya buat ini hanya tampilan sederhana saja.

Blok program Aplikasi Quiz pilihan ganda

berikut dibawah ini adalah beberapa blok program aplikasi Quiz yang dibuat dengan menggunakan Kodular.

Blok program Splash Screen

block program splash screen QuizApp App Inventor Kodular
Block program splash screen

Pada blok program diatas diterapkan pada Screen1. Halaman Splash Screen ini berguna untuk menampilkan sedikit informasi tentang aplikasi yang dibuat kepada pengguna, disini kamu dapat menampilkan logo aplikasi, nama aplikasi maupun slogan aplikasi.

Blok program tampilan Home aplikasi Quiz

Block program tampilan Home QuizApp App Inventor Kodular
Block program tampilan Home

pada blok program diatas diterapkan pada Screen Home. Pada program button keluar disana saya membuat sebuah pilihan menggunakan komponen notifier, pilihan disini berguna untuk memberi kepastian kepada pengguna apakah yakin ingin keluar dari aplikasi atau tidak.

Blok program awalan

Blok program awalan QuizApp App Inventor dan Kodular
Blok program awalan

Pada blok program awalan diterapkan pada Screen Kuis. Pada program ini berisi beberapa list soal, jawaban, dan button. Serta beberapa variabel yang dideklarasikan sebagai list kosong.

Pada program ini kamu dapat menambahkan soal maupun jawaban, pada prosedur jawaban ketiklah jawaban yang benar pada urutan pertama kemudian selanjutnya baru jawaban yang salah.

Blok program utama aplikasi Quiz pilihan ganda acak App Inventor Kodular

Blok program utama aplikasi Quiz App Inventor dan Kodular
Blok program utama aplikasi Quiz

Pada blok program ini juga di terapkan pada Screen Kuis untuk menampilkan kuis dan hasil evaluasi jawaban kuis.

Build project aplikasi Quiz

Setelah selesai membuat program kamu dapat membuild aplikasinya untuk menguji aplikasi yang dibuat. Berikut di bawah ini adalah hasil aplikasi Quiz pilihan ganda acak sederhana.

Demo Aplikasi

Jika kamu ingin dibuatkan aplikasi kuis secara khusus dapat hubungi email saya di wahyuaryapambudi@gmail.com . Baiklah sampai sini saja tutorialnya jika ada yang ingin ditanyakan tulis saja di komentar.

Adapun file aia apikasi quiz ini saya lampirkan, supaya bisa kamu gunakan untuk praktek belajar langsung di kodular ataupun di app inventor.

40 comments

  1. Selamat siang kak. Maaf mau tanya gimana cara bikin form login screen, data anggota nya kita ambil dari mysql yang sudah didaftarkan sebelumnya. Apabila data anggota ada di database, secara otomatis akan beralik ke screen aplikasi quiz & bisa ngikutin quiz nya. Terima kasih banyak bantuannya.
    Salam hormat

    1. pertama pada screen1 kamu buat screen login yang didalamnya berisi form login. Nah pada saat screen1 initialize ambil data anggota yang ada di tabel database menggunakan komponen web, lalu simpan data anggotanya ke list.

      Ketika pengguna klik tombol login, baru dicek apakah username dan password ada di dalam list atau tidak. Jika ada maka langsung open new screen masuk ke tampilan aplikasi quiz, jika tidak ada maka munculkan pesan notifikasi bahwa username dan password salah.

      selengkapnya kamu bisa baca ini https://kubahas.com/2020/05/14/crud-mysql-app-inventor-kodular/
      untuk dasar2 crud dan ambil data dari mysql

      1. Saya juga pernah nyoba kayak gitu bang. Tapi saya maunya nama id pengguna muncul di halaman2 di pojok atas sesudah kita berhasil masuk. Gimana carax biar bisa kyk gitu bang? Tolong bantuannya bang. Terima kasih

        1. konsepnya sama saja seperti yang saya jelaskan di atas, nah ketika sudah klik login dan data sesuai dengan yang ada di list. Kamu tinggal get id si penggunanya, kemudian kirim valuenya bersamaan ketika membuka screen baru.

          Lalu pada screen yang dituju tinggal get value yang dikirim dari screen sebelumnya dan masukkan valuenya ke variabel baru kemudian tinggal tampilkan saja ke labelText.

  2. Mohon maaf pak. Jika berkenan saya mohon dikirimi file aia nya ke alamat email saya. Terima kasih banyak.
    Salam hormat

  3. Maaf kak mau nanya. gimana cara buat countdown timer quiz sederhana pake kodular. Jadi rencnax saya mau bikin quiz sederhana, cuman pke limit waktu. Kayak test CPNS gitu bang kak. Mohon bantuannya kak. Terima kasih

  4. maaf kak ingin bertanya, jika ingin membuat saat jawaban Benar akan muncul notif tampilan jawaban anda benar dan jika jawaban salah akan muncul juga notif jawaban anda kurang tepat caranya seperti apa ya kak ? terimakasih sebelumnya.

    1. saya kasih cluenya aja yaa.. hehehe, kalau mau munculin notif benar atau salah itu bisa dilakukan di bagian proses ketika button di klik, nah dibagian itu bisa kamu kasih kondisi untuk melakukan pengecekan jawaban pada saat button jawaban di klik.

  5. Bermanfaat sekali Om tutornya.. saya mau tanya, jika ingin membuat lock screen seperti Exam Browser agar aplikasi tidak bisa di minimize karna ujian tidak boleh membuka aplikasi lain. Bagaimana cara nya ya Om.. atau ada tutorialnya?

  6. Pak, misalnya kalau buat menu dan sub menu dan sub sub menu gimana ya?
    Misalnya gini.

    Halaman Menu
    Pilihannya :
    Soal Agama
    Soal PKN
    Dst

    Terus kalau Klik menu “Soal Agama”
    Nanti muncul
    Paket soal 1
    Paket Sola 2
    dst

    Lalu …
    Setelag klik “paket soal 1”, baru kuisnya dimulai.

  7. Kak minta emailnya dong. Aku mau minta di buatkan cbt juga seperti itu, cuma beda di hasil penilaian dan pakai from user register dan login

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.