Menyimpan data ke database SQLite Kodular

Ada banyak sekali opsi penyimpanan data untuk aplikasi android salah satunya yang akan saya bahas kali ini yaitu database SQLite. Pada tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana membuat aplikasi android yang dapat menyimpan data ke database SQLite Kodular.

Menyimpan data ke database SQLite Kodular
Menyimpan data ke database SQLite kodular

SQLite adalah sistem pengelolaan database relational yang termasuk kedalam jenis database non-client server, dengan kata lain untuk proses pembuatan database atau pengaksesan databasenya tidak memerlukan server karena databasenya sendiri tersimpan pada memori penyimpanan smartphone.

Baca juga CRUD TinyDB App inventor Kodular

Berbeda dengan database MySQL, Firebase, ataupun spreadsheet yang termasuk kedalam jenis database client server yang memang memerlukan adanya komunikasi antara client dan server untuk proses mengirim data maupun mengambil data dari database.

SQLite sama seperti database TinyDB dimana proses pengaksesan databasenya dapat dilakukan secara offline. Selain sebagai media penyimpanan data aplikasi, SQLite juga dapat digunakan untuk proses chacing pada aplikasi untuk menyediakan data yang diambil dari cloud.

Cara membuat aplikasi yang dapat menyimpan data ke database SQLite Kodular

Aplikasi yang dibuat kali ini yaitu sistem informasi data warga yang menggunakan konsep CRUD (Create, Read, Update, Delete) dengan kata lain dapat input data, baca data, merubah data, dan menghapus data.

Untuk proses pembuatan aplikasinya disini saya menggunakan Kodular. Kodular adalah website yang menyediakan tools gratis untuk membuat aplikasi android.

Pertama-tama masuk ke Kodular. Kamu dapat menggunakan email google ataupun email yang sudah terdaftar, jika kamu belum terdaftar di Kodular silahkan daftar terlebih dahulu.

setelah masuk ke kodular selanjutnya adalah buat project aplikasinya dan beri nama projectnya, untuk nama projectnya kamu dapat memberikan nama bebas sesuai dengan keinginanmu.

Desain aplikasi

Pada tutorial kali ini desain yang saya buat untuk aplikasi cukup sederhana, tentunya untuk proses desain kali ini kamu dapat membuatnya lebih bagus lagi dari yang saya contohkan.

Berikut di bawah ini adalah desain aplikasi yang saya buat

Desain aplikasi menyimpan data ke database SQLite Kodular
Desain aplikasi menyimpan data ke database SQLite

Pada desain tersebut komponen yang digunakan terdiri atas LabelText, Button, TextBox, Spinner, ListViewImage, Notifier, dan tentunya komponen yang paling penting yaitu SQLite.

Komponen LabelText, Button, TextBox, Spinner dan Notifier dapat ditemukan di menu pallet Interface. Komponen spinner pada aplikasi ini digunakan untuk menampilkan jenis kelamin pria dan wanita secara dinamis, dan untuk komponen Notifier digunakan sebagai notifikasi bahwa data berhasil tersimpan di database.

Komponen ListViewImage digunakan untuk menampilkan data yang tersimpan pada database SQLite, untuk menemukan komponen ini kamu dapat klik menu pallet dan klik layout List.

Terakhir komponen SQLite, komponen ini digunakan untuk membuat database pada aplikasi android serta untuk proses mengambil data maupun mengirim data ke database SQLite. Komponen ini dapat ditemukan di menu pallet Storage.

Kode blok program aplikasi SQLite Kodular

Berikut dibawah ini adalah kode blok program aplikasi yang saya buat

Blok program awalan dan menampilkan data ke listview

kode awalan program dan menampilkan data ke listview SQLite Kodular
kode awalan program dan menampilkam data ke listview

pada kode blok program di atas diawali dengan membuat variabel database untuk menyimpan data yang dipanggil dari database SQLite dan disimpan dalam bentuk list.

Kemudian pada blok program ‘when Screen1 initialize’ diisi dengan proses membuat tabel pada database SQLite dengan query sebagai berikut.

CREATE TABLE warga ('id' INTEGER PRIMARYKEY (5), 'nama' VARCHAR (30), 'jk' VARCHAR (9));

selanjutnya pada prosedur ‘bersih’ berfungsi untuk mengatur textbox yang sudah diisi menjadi kosong kembali, dan mengatur tombol seperti keadaan awal.

Pada button ‘save’ digunakan untuk menyimpan data ke SQLIte dengan parameter button itu sendiri dan pada button ‘cancel’ digunakan untuk membatalkan atau mereset apa yang sudah ditulis pada textbox.

Pada prosedur ‘tampil’ berisi query SQLite untuk menampilkan data yang tersimpan pada database SQLite. Berikut di bawah ini query SQLite untuk menampilkan data

SELECT * FROM warga;

Blok program proses simpan, update, delete data SQLite

Kode program proses save, update, delete data SQLite Kodular
Kode program proses simpan, update, delete data SQLite

pada kode blok program diatas merupakan proses untuk menyimpan data, update data, delete data dan read data berdasarkan parameter button.

Blok program listview klik dan button update delete

Kode program untuk mengedit dan menghapus data ketika listview di klik SQLite Kodular
Kode program untuk mengedit dan menghapus data ketika listview di klik

Pada kode program diatas berfungsi untuk melakukan pengeditan ataupun menghapus data pada saat data dipilih melalui listview.

Build project

Setelah proses pembuatan desain dan blok program aplikasi telah selesai tahap selanjutnya adalah merubah projectnya menjadi aplikasi android. Klik export to apk untuk menyimpan dalam bentuk aplikasi.

Berikut di bawah ini adalah tampilan dari aplikasi yang telah selesai dibuat.

Demo aplikasi

Mungkin sampai sini saja tutorial yang saya berikan, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan tulis komentar di bawah ini!

2 comments

  1. Saya terlanjur jalankan komponen ” clear database ” ternyata database dan tabelnya hilang semua, apa bisa di unclear ? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *