Firebase Authentication OTP Verifikasi Kodular

Pada tutorial kali ini saya akan membahas firebase authentication OTP verifikasi kodular, dimana metode yang digunakan untuk login ke aplikasi menggunakan nomor telepon dengan kode verifikasi OTP yang dikirim melalui SMS. Penggunaan metode login ini cukup bagus diterapkan pada aplikasi android karena proses loginnya yang hanya memerlukan nomor telepon saja.

Firebase Authentication OTP Verifikasi Kodular
Firebase Authentication OTP Verifikasi Kodular

Jika kamu pengguna Whatsapp atau Telegram tentunya pada saat kamu mendaftar untuk membuat akun, kamu akan disuruh untuk memasukkan nomor telepon yang berguna sebagai akun dari aplikasi chatting tersebut. Setelah memasukkan nomor telepon kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS, ini digunakan untuk melakukan validasi apakah nomor yang digunakan untuk mendaftar adalah nomor si pengguna asli atau bukan.

Nah proses validasi tersebut menggunakan metode OTP verifikasi.

Ngomong-ngomong OTP itu apa sih?

OTP atau One -Time Password adalah kode verifikasi atau sandi yang hanya dapat digunakan sekali pakai saja, biasanya terdiri dari beberapa angka yang dikirim baik via SMS maupun email pengguna. Umunya kode yang diberikan biasanya hanya bertahan beberapa menit saja.

Kode OTP bersifat rahasia, kode verifikasi tersebut hanya dapat diketahui oleh pengguna saja, oleh karena itu metode login aplikasi yang menggunakan OTP verifikasi cukup baik dari segi keamanannya. Fungsi dari OTP Verifikasi dapat menjaga keamanan data pengguna ketika melakukan login pada sebuah aplikasi.

Cara membuat login aplikasi dengan firebase authentication OTP verifikasi kodular

Aplikasi yang dibuat kali ini yaitu aplikasi yang menggunakan fitur login authentication dari firebase menggunakan nomor ponsel dan juga kode OTP verifikasi, aplikasi ini juga dapat melakukan auto login jika pengguna sudah pernah login sebelumnya.

Pertama-tama yang dilakukan adalah masuk ke Kodular untuk membuat project aplikasinya, kamu dapat masuk menggunakan akun google, kemudian setelah berhasil login buat project baru dan berikan nama “OTPFirebase”.

Baca juga : Firebase Authentication Login dengan akun google Kodular.

Setelah membuat project aplikasi selanjutnya adalah membuat OTP verifikasi menggunakan firebase.

Membuat OTP verifikasi

Untuk membuat OTP verifikasinya dapat menggunakan fitur autentikasi yang tersedia di firebase. Kamu dapat masuk ke firebase kemudian login dengan akun google, setelah itu buat project baru dan lakukan semua prosesnya sampai kamu masuk ke halaman “konsol firebase” seperti di bawah ini.

Halaman dashboard firebase console
Halaman dashboard konsol firebase

Setelah masuk ke halaman dashboard konsol firebase, selanjutnya adalah klik logo android seperti gambar di atas untuk menambahkan aplikasi ke firebase. Kemudian kamu akan diminta memasukkan nama aplikasi, nama paket android dan juga kode sertifikat SHA 1 agar dapat mendownload file “google-service.json”.

Tambahkan aplikasi ke firebase
Tambahkan aplikasi ke firebase

tulis nama paket android secara bebas sesuai keinginan kamu dengan format seperti ini “com.namaanda.namaaplikasi” kamu bisa lihat contohnya seperti gambar diatas. Setelah itu kamu jangan lupa untuk copy paste nama paket android yang telah kamu buat ke “advance properties Screen1” pada kotak “package name” di bagian desain aplikasi di kodular.

setelah itu masukkan nama aplikasi secara bebas, untuk ini tidak ada formatnya. Kemudian untuk mendapatkan SHA-1, lihat gambar di atas kamu dapat menemukannya di Kodular pada bagian menu “about” lalu klik “settings” dan kamu akan melihat kode keystore SHA 1. Copy kode SHA 1 dan tempel ke form “sertifikat penandatanganan debug” pada form firebase.

kemudian klik “daftarkan aplikasi” dan donwload file google-service.json. Lihat gambar di bawah ini

download file google service json
download file google service json

Setelah selesai download, upload file yang di download tadi ke asset di Kodular. Setelah itu klik “berikutnya” dan pada tahap ke 3 abaikan saja langsung klik “berikutnya” sampai ke tahap terakhir lanjut klik “Lanjutkan ke console”. Maka kamu akan masuk ke halaman dashboard firebase konsol.

Setting metode login dengan Ponsel di Firebase
Setting metode login dengan Ponsel di Firebase

Setelah masuk ke halaman dashboard firebase konsol klik “Authentication” kemudian pilih “Sign-in method” dan aktifkan metode login dengan ponsel. Oke selesai sudah proses membuat OTP Verifikasi di Firebase langkah selanjutnya yaitu

Desain aplikasi

Pada desain kali ini saya membuat 2 Screen. Screen 1 digunakan untuk login dan verifikasi OTP sedangakan Screen Home digunakan untuk menampilkan data pengguna yang berhasil login ke aplikasi.

Berikut di bawah ini adalah desain sederhana yang saya buat, kamu dapat membuatnya lebih bagus lagi dari saya.

Desain aplikasi firebase authentication OTP verifikasi kodular
Desain aplikasi firebase authentication OTP verifikasi kodular

Pada screen 1 saya membuat 2 cardview yang terdiri dari tampilan Sign in dan Validasi OTP. Komponen Cardview dapat ditemukan pada pallet sebelah kiri pada bagian menu view. Selanjutnya komponen penting lainnya yang digunakan yaitu Notifier, Clock, dan Firebase Authentucation.

komponen notifier dapat ditemukan di bagian menu User Interface, kemudian komponen Clock dapat ditemukan pada bagian menu Sensor, dan terakhir komponen Firebase Authentication dapat ditemukan pada bagian menu Google.

Kode Progam login aplikasi dengan firebase authentication OTP verifikasi kodular

Agar aplikasi berjalan sesuai dengan keinginan yang sudah direncanakan, maka aplikasi harus di program. Berikut di bawah ini adalah kode blok program aplikasi dengan OTP verifikasi firebase authentication

kode blok program login dengan nomor telepon dan OTP verifikasi menggunakan firbase authentication kodular
kode blok program login dengan nomor telepon dan OTP verifikasi menggunakan firbase authentication kodular

Untuk kode blok program di atas diterapkan pada Screen1 dimana pada Screen1 ini akan memproses login dengan nomor telepon dan melakukan validasi dengan kode OTP yang diberikan dari firebase melalui SMS. Apabila kode verifikasi yang dimasukkan benar dengan kode yang diberikan melalui SMS, maka pengguna akan langsung masuk ke Screen Home.

kode program untuk menampilkan nomor telepon pengguna yang berhasil masuk
kode program untuk menampilkan nomor telepon pengguna yang berhasil masuk

Kode program di atas diterapkan pada Screen Home, apabila pengguna menutup aplikasi dan membuka aplikasi lagi maka pengguna akan masuk secara otomatis ke Screen2 tanpa harus melakukan verifikasi kembali.

Apabila proses pembuatan kode selesai maka tahap selanjutnya adalah merubah project aplikasi menjadi aplikasi dengan ektensi apk sehingga dapat aplikasi diuji coba, berikut di bawah ini adalah hasil dari aplikasi yang telah dibuat.

Dokumentasi hasil akhir aplikasi firebase authentication OTP verifikasi Kodular

Baiklah mungkin segini saja, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis komentar di bawah ini.

2 comments

  1. Gagal om. Saya kasih block “Firebase Authentication1.Phone Number Sign In ” malah langsung login. sedangkan untuk ngirim kode verifikasinya dan ngisi TBox_Verifikasi saja belum. Untuk mendapatkan kode Verifikasinya bagaimana om ? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *