Upload gambar menggunakan FTP Kodular

Masih seputar database, pada tutorial kali ini akan membuat aplikasi yang dapat upload gambar menggunakan FTP kodular ke MySQL server. Dimana aplikasi yang dibuat kali ini, dapat meng-upload beberapa gambar sekaligus ke database.

Upload gambar menggunakan FTP Kodular
Upload gambar menggunakan FTP Kodular

Untuk meng-upload gambar ke database MySQL server, biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan kode program PHP, namun beberapa orang ada yang tidak paham degan bahasa pemrograman tersebut dan menjadi kendala bagi mereka yang ingin membuat suatu aplikasi yang dapat menyimpan beberapa gambar ke database.

Nah, kali ini ada alternatif lain jika ingin menyimpan gambar dari aplikasi android ke database MySQL bagi yang tidak begitu paham mengenai pemograman PHP. Alternatifnya yaitu menggunakan FTP.

Apa itu FTP?

FTP atau (File Transfer Protokol) adalah sebuah layanan internet yang dapat membantu pengguna dalam melakukan pertukaran informasi dengan membuat sambungan ke server tertentu ataupun ke komputer, dengan adanya FTP ini pengguna dapat melakukan download file ataupun menggunggah file secara mudah tanpa perlu menggunakan kode PHP.

untuk penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan FTP atapun sekaligus ingin mencoba menggunakan FTP untuk aplikasi android, kamu dapat meggunakan layanan hosting dewaweb.

oke jika sudah tahu apa itu FTP, selanjutnya adalah

Cara membuat aplikasi yang dapat mengupload gambar menggunakan FTP Kodular

Untuk membuat aplikasinya, disini saya menggunakan kodular. Login terlebih dahulu menggunakan akun yang sudah terdaftar, jika kamu belum mempunyai akun silahkan daftar terlebih dahulu. Setelah itu buat project baru dan tulis nama projectnya “FTP”.

kemudian buat desain aplikasi terlebih dahulu.

Desain aplikasi upload gambar menggunakan FTP Kodular

desain aplikasi upload image menggunakan ftp kodular
desain aplikasi upload image menggunakan ftp kodular

Untuk desain kamu bisa membuatnya lebih bagus lagi karena desain yang saya buat ini sangatlah sederhana. Pada gambar desain di atas, kamu dapat mengikuti komponen-komponen yang digunakan dalam proses desain aplikasi.

Nah ada 1 komponen yang wajib sekali dimasukkan ke dalam project desain aplikasi, yaitu komponen FTP kamu dapat mejumpai komponen FTP di bagian menu pallet bagian connectivity. Komponen inilah yang dapat membantu meng-upload file ke server ataupun download file dari server ke aplikasi.

Setelah proses desain selesai kamu dapat masuk ke tahap pengkodean aplikasi, kamu dapat klik tombol block disebelah kanan atas persis di samping tombol design.

Kode block program inisialisasi upload gambar meggunakan FTP Kodular

block program inisialisasi upload image menggunakan ftp kodular
block program inisialisasi upload image menggunakan ftp kodular

Adapun penjelasan pada kode program diatas, pertama “when screen1 initialize” kode ini berjalan pertamakali ketika screen1 dibuka kemudian mencoba melakukan koneksi dengan server melalui komponen FTP. Pada kode program ini jangan lupa untuk memasukkan FTP server host, FTP Password, FTP port, FTP username, dan FTP Working directory.

untuk “FTP directory” ini dapat kamu isi dengan alamat direktori folder server yang akan digunakan untuk menyimpan file yang di upload melalui FTP. Contohnya pada tutorial ini saya simpan di

public_html/ftp/

untuk informasi seputar FTP server host, FTP Password, FTP port, FTP username kamu melihatnya pada pengaturan di hosting mu.

Selanjutnya kode program “when image_picker after picking” merupakan kode program untuk menampilkan gambar yang dipilih untuk di upload ke layar.

block program upload image menggunakan ftp kodular

block program upload image menggunakan ftp kodular
block program upload image menggunakan ftp kodular

Adapun penjelasan dari kode program diatas, ketika button upload di klik maka button upload akan mengirim gambar ke server melalui FTP satu persatu dengan bantuan perulangan, karena FTP tidak dapat melakukan upload beberapa gambar sekaligus maka dibuatlah sebuah perulangan.

Kemudian pada kode program “when FTP upload done” dan “when FTP upload error” akan menampilkan sebuah pesan informasi kepada pengguna jika upload berhasil ataupun gagal.

ketika Button Clear di klik akan menjalankan prosedur bersih. Prosedur bersih berisi kode program untuk mereset kembali menjadi seperti keadaan awal ketika masuk pertama kali ke aplikasi. Kemudian pada prosedur reset dynamic image berisi kode program untuk menghapus gambar sebelumnya yang di tampilkan ke layar ketika gambar tersebut akan di upload.

Build project aplikasi

Setelah proses pengkodean selesai selanjutnya adalah merubah project menjadi sebuah aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi yang dibuat ini dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Berikut di bawah ini adalah dokumentasi dari aplikasi yang dibuat.

dokumentasi aplikasi upload gambar menggunakan ftp kodular

Baiklah cukup sampai sini saja tutorialnya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *