Membuat maps di App Inventor atau Kodular

Baiklah, pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat maps di App Inventor atau Kodular dengan menggunakan komponen google maps dan location sensor. Dimana aplikasi yang akan dibuat kali ini akan menampilkan peta yang terhubung langsung dengan google maps dan juga akan menampilkan lokasi tempat dimana kita berada.

Membuat maps di app inventor atau kodular
Membuat maps di app inventor atau kodular

Google maps adalah sebuah layanan google yang dapat membantu pengguna untuk melihat peta dunia melalui aplikasi android maupun website. Dimana untuk mengakses dan menggunakan layanan tersebut diperlukan jaringan internet, selain itu layanan yang diberikan google ini gratis jadi semua orang dapat menggunakannya.

Baca juga : membuat aplikasi pembelajaran sederhana dengan app inventor

Google maps banyak digunakan orang-orang untuk membantu navigasi baik melihat arah maupun jalan untuk menuju suatu tempat yang memang belum pernah dilewati seperti eksplorasi ke tempat yang baru. Google maps juga dapat menyimpan alamat ataupun membagikan alamat kepada orang lain, sehingga dapat membantu orang lain yang ingin berkunjung ke suatu daerah dengan alamat yang tepat.

yang menjadi pertanyaan, apakah kita bisa menggunakan google maps dan menampilkan petanya di aplikasi yang kita buat?

jawabannya tentu bisa. Karena pada App Inventor atau Kodular telah tersedia komponen khusus untuk menampilkan google maps. Jadi mari kita coba untuk membuat aplikasi maps sederhana menggunakan App Inventor atau Kodular.

Cara membuat maps di App Inventor atau Kodular

Seperti biasa, saya membuat aplikasinya di Kodular. Jika kamu menggunakan App Inventor tidak masalah karena struktur programnya sama dengan Kodular, jadi silahkan login ke Kodular ataupun App Inventor dan buat projek baru dengan nama “maps”.

Setelah itu buat desain aplikasinya. Untuk desain yang saya buat kali ini sangatlah sederhana, jadi kamu bebas untuk mengikuti bentuk desain yang saya buat ataupun ingin membuat desain tampilan aplikasinya sendiri.

Desain aplikasi maps sederhana di App Inventor atau Kodular

desain aplikasi maps sederhana app inventor kodular
desain aplikasi maps sederhana app inventor kodular

adapun komponen-komponen penting yang digunakan pada desain kali ini yaitu, “Google Maps”, “Activity Starter”, “Location Sensor” dan “Clock”. Untuk komponen “Google Maps” dapat kamu temui pada menu pallet sebelah kiri lalu pilih menu “Google”. Selanjutnya untuk komponen “Acticity Starter” dapat ditemukan di menu pallet bagian “Connectivity”.

Kemudian untuk komponen “Clock” dan “Location Sensor” keduanya dapat ditemukan di menu pallet bagian “Sensor”. Setelah proses desain selesai dilanjut membuat blok program aplikasi, agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik.

Blok program aplikasi maps yang dibuat di App Inventor Kodular

blok program aplikasi maps sederhana app inventor kodular
blok program aplikasi maps sederhana app inventor kodular

Bisa dilihat pada gambar diatas, program pada button 1 adalah program untuk menjalankan activity starter layanan lokasi, jadi button ini digunakan untuk menghidupkan layanan lokasi. Apabila layanan lokasi belum diaktifkan maka maps hanya menampilkan peta dunia, jika diaktifkan maka akan menampilkan lokasi tempat dimana kamu berada.

lokasi yang didapat berupa nilai latitude dan longitude. Latitude dan longitude merupakan koordinat GPS pada google maps, dengan adanya koordinat latitude dan longitude ini posisi dan arah pada lokasi tempat kamu berdiri menjadi lebih tepat.

Latitude adalah garis horizontal yang mengarah dari titik 0 khatulistiwa menuju ke arah kutub selatan, atau dari titik 0 khatulistiwa menuju ke arah kutub utara.

sedangakan Longitude adalah garis bujur yang mengarah dari sudut 0 Greenwitch menuju ke arah hawai 0-180 ataupun arah sebaliknya. Untuk penjelasan mengenai koordinat GPS ini kamu bisa baca lebih lengkap disini.

Build project

Apabila proses pengkodean telah selesai maka tahap selanjutnya adalah membangun project aplikasi menjadi sebuah aplikasi dengan format apk dengan tujuan untuk menguji apakah aplikasi yang dibuat telah sesuai harapan atau tidak.

berikut di bawah ini adalah dokumentasi aplikasi yang telah dibuat pada tutorial ini.

dokumentasi aplikasi maps sederhana

Bisa dilihat, pada dokumentasi yang ditampilkan disana akan muncul pemberitahuan mengenai perizinan untuk mengakses lokasi perangkat yang digunakan, silahkan pilih izinkan agar dapat menampilkan lokasi tempat kamu berada.

Oke sampai sini saja tutorialnya apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *