Membuat format rupiah di App Inventor atau Kodular

Ketika membuat sebuah aplikasi terkadang kita harus menampilkan data dalam bentuk format mata uang, baik itu dalam bentuk rupiah, dollar, ataupun mata uang lainnya. Lalu bagaimana caranya membuat format rupiah di App Inventor atau Kodular jika kita ingin menampilkan data numeric kedalam bentuk mata uang indonesia?

Untuk membuat data numeric standar menjadi bentuk format currency atau mata uang bisa menggunakan extension yang bernama Text Utils.

Membuat format rupiah di App Inventor atau Kodular
Membuat format rupiah di App Inventor atau Kodular

Extension Text Utils dapat membuat format ribuan dan membuat tanda pembagi titik disetiap 3 data. Misalkan pada aplikasi kita menampilkan data 25000, maka dengan bantuan extension ini dapat langsung mengenereate data tersebut dan menampilkanya menjadi seperti ini 25.000.

Dengan begitu user atau pengguna aplikasi tidak akan kesulitan dalam membaca angka tersebut, apalagi jika angka yang kita tampilkan pada aplikasi bisa mencapai jutaan. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan extension ini.

Lalu bagaimana cara menampilkan format mata uangnya dan cara menggunakan extension tersebut?

Silahkan baca secara lengkap penjelasan saya dibawah ini!

Cara membuat format rupiah di App Inventor atau Kodular

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah mendownload extension Tex_utils ini. Kemudian setelah itu login ke kodular atau App Inventor dengan menggunakan akun google agar lebih mudah, untuk tutorial kali ini saya menggunakan kodular kamu yang menggunakan app inventor tidak masalah karena sama saja.

Selanjutnya adalah membuat desain aplikasinya

Desain aplikasi

pada desain kali ini saya buat dengan sederhana karena hanya sebatas contoh saja, agar dapat mudah dimengerti dan dipahami. Pastikan setelah kamu mendownload extension tex utils, kamu harus import extension tersebut ke kodular atau app inventor.

Untuk melakukan extension, kamu dapat klik icon extension pada bagian menu sebelah kiri paling bawah, lalu klik import extension dan pilih import dari file, lalu klik import.

Jangan lupa setelah extension berhasil diimport ke project, pastikan kamu drag and drop extension tersebut ke layar design Smartphonenya agar nanti bisa digunakan.

Berikut di bawah ini adalah desain aplikasinya

desain aplikasi untuk membuat format rupiah di app inventor atau kodular
desain aplikasi untuk membuat format rupiah di app inventor atau kodular

Adapun komponen yang digunakan yaitu text box, button dan juga label. Untuk text box akan diisi dengan data angka kemudian ketika kita klik button save maka angka tersebut akan ditampilkan pada label display sebagaimana hasil dari angka yang sudah di generate oleh extension tex utils.

Selanutnya adalah block program

Block Program untuk membuat format rupiah

berikut di bawah ini adalah block program untuk membuat format rupiah dengan menggunakan extension Text Utils.

block program membuat format rupiah
block program membuat format rupiah

Adapun penjelasan sedikit mengenai block program di atas, Jadi untuk membuat format rupiah kita tinggal menggunakan join untuk membuat text simbol Rp. lalu digabung dengan output dari function text utils.

Function yang digunakan pada extension text utils adalah “Format Thousand Separator”, dimana function tersebut dapat mengeluarkan output data angka yang sudah memiliki pembagi titik baik untuk format ribuan atau ratusan ribu.

Untuk format mata uang bisa kamu kostumisasi misalkan diganti menjadi mata uang dollar, ataupun mata uang negara lainnya. Untuk merubahnya bisa kamu ganti tulisan “Rp” pada komponen text dengan simbol mata uang negara lain yang ingin ditampilkan.

Pada function “Format Thousan Separator” terdapat inputan text dimana pada bagian tersebut dapat kamu isi dengan inputan numeric baik dari komponen text yang berisi angka, data dari komponen input, data dari komponen number yang diisi secara langsung, ataupun data yang didapat dari database.

Build project kedalam bentuk aplikasi

untuk menguji apakah project yang dibuat berfungsi atau tidak maka dapat dilakukan dengan export project kedalam bentuk aplikasi.

Berikut di bawah ini adalah video dari aplikasi yang dibuat di tutorial ini

Pada video diatas, saya mencoba memasukkan inputan numeric biasa tanpa tanda titik yang umumnya digunakan sebagai pembagi ribuan, kemudian ketika saya klik button maka nilai inputan numeric tersebut langsung ditampilkan dengan format yang baru dalam bentuk mata uang disertai dengan pembagi ribuan.

Baiklah mungkin cukup ini saja yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan jika ada yang tidak dimengerti bisa tuliskan di komentar, sekian Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.